Postingan

Psikologi Pendidikan: PSIKOLOGI SEKOLAH

PSIKOLOGI SEKOLAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN Pengertian Psikologi pendidikan merupakan ilmu yang mempelajari penerapan teori – teori psikologi dalam pendidikan Menurut santrock, psikologi pendidikan adalah cabang psikologi yang mengkhususkan diri pada pemahaman tentang proses belajar dan mengajar dalam lingkungan pendidikan. Secara harfiah atau etimologis, psikologi berasal dari kata "psyche" yang berarti jiwa dan "logos" yang berarti ilmu. Psikologi mengandung makna yaitu ilmu jiwa yang berarti ilmu pengetahuan yang mempelajari jiwa manusia melalui gejala-gejalanya, aktivitas-aktivitasnya atau perilaku manusia. Psikologi pendidikan berarti cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari jiwa manusia atau perilaku manusia di bidang pendidikan. Psikologi pendidikan mempelajari bagaimana manusia belajar dalam bidang pendidikan, keefektifan dalam proses pembelajaran, cara mengajar, dan pengelolaan organisasi sekolah.

Psikologi pendidikan: PENGELOLAAN KELAS

PENGELOLAAN KELAS Manajemen Kelas adalah kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar efektif di dalam kelas.
dalam menganalisis lingkungan kelas, Walter Doyle (1986) mendeskripsikan 6 karakteriktik yang menfleksikan kompleksitas dan potensi problemmnya: ·kelas adalah multidimentional, Kelas adalah setting untuk banyak aktifitas belajar ·aktivitas terjadi secara simultan, Banyak aktivitas kelas terjadi secara simltan ·hal-hal terjadi secara cepat,Kejadian sering kali terjadi di kelas dan membutuhkan respon cepat ·kejadian sering kali tidak bisa diprediksi, kemungkina akan muncul kejadian diluar rencana seperti kebakara, murid berkelahi, murid sakit dan sebagainya ·hanya ada sedikit privasi. kelas adalah tempat publik dimana murid dapat melihat guru mengatasi masalah, melihat kejadian tak terduga, dan mengalami frustasi ·kelas punya sejarah, murid memilki kenangan tersendiri akan apa yang terjadi dikelas yang sudah mereka jalani

Psikologi Pendidikan: PEDAGOGI DAN ANDRAGOGI

PEDAGOGI DAN ANDRAGOGI
       Pedagogi adalah suatu teori belajar yang cocok dan tepat untuk masa kanak-kanak. Istilah pedagogi berasal dari bahasa Yunani yaitu “paid” berarti kanak-kanak dan “agogos” berarti memimpin. Kemudian Pedagogi mengandung arti memimpin anak-anak atau perdefinisi diartikan secara khusus sebagai “suatu ilmu dan seni mengajar kanak-kanak”. Akhirnya pedagogi kemudian didefinisikan secara umum sebagai “ilmu dan seni mengajar”.
Pedagogi merupakan suatu pendekatan yang hanya menempatkan murid sebagai obyek di dalam pembelajaran, mereka mesti menerima pelatihan yang sudah di rancang oleh guru, sekolah maupun kurikulum. Apa yang harus dipelajari, materi-materi yang akan diterima, yang akan disampaikan, metode panyampaiannya, itu semua tergantung kepada guru dan tergantung kepada sistem pembelajaran itu sendiri

PPT Hasil Observasi

Berikut adalah Power Point hasil observasi 6 di SD Negeri No. 064988
Yang Disusun oleh kelompok 6:

Melisa Windi Tri Lestari                  (161301084)
Riky Hambali Samosir                     (161301100)
M. Dani Syahputra                           (161301101)
Putri Amelia Tambunan                   (161301109)
Annisyah Maulidina                         (161301111)
Maswinda Ainun Mardiah                (161301122)
Bina Swita Manalu                            (161301131)
Asyifa Rizvi Al-Miraza                     (161301157)

Laporan Hasil Observasi

Gambar